Rabu, 18 Agustus 2010

Ringkasan siaran radio PPI about N5M




Membuat novel dengan jurnalistik tidaklah sama. Klo membuat novel sama seperti lari maraton yang menempuh jarak panjang. Tapi kalao membuat jurnalistik tidak membutuhkan waktu lama. Biasanya jurnalistik hanya menulis sekitar satu lembar, tapi kalo novel mebutuhkan berlemba-lembar. Karna itu menulis novel harus dicicil sedikit demi sedikit tapi istiqomah. Contoh setiap hari 1 lembar, jadi dalam setahun dapat menghasilkan 350 lembar.

Cara-cara atau langkah menulis
1. Sebelum menulis, bulatkan niat untuk apa anda menulis/ tujuan nulis. Karena niat adalah yang menjadi energi penggerak.
2.Tulislah sesuatu yang femiliar. Sebelum menulis baca buku dan lihat film. Agar saat menulis bisa terinspirasi.
3.konsisten/istiqomah
4. Referensiyang lengkap berbagai/ banyak koleksi-koleksi (tentang tulisan-tulisan deary atau surat-surat yang telah kita buat sendiri) agar disaat kt nulis dan membutuhkan ide kita bs membuka kembali tulisan-yulisan tersebut.

Tentang persahabatan====.>
Shadiiquka man abkaka la man adhhaakaka....artinya Temanmu adalahnyang membuat kamu menangis bukan yang membuat kamu tertawa.
Menangis artinya memberi masukan, mengingatkan bukan hanya menyenangkan kita saja.
Seorang sahabat yang selalu berkata indah tidak slalu bisa membuat kt merasa bahagia.

Sebaik-baik teman duduk adalah buku.

Man jadda wa ja jad====> siapa yang bersungguh sungguh akan sukses
Hal itu dialami sendiri oleh penulis N5M yaitu seperti keinginannya kenegeri paman sam, dg man jadda wa jada akhirnya kesampain juga. Selain itu saat temennya mengejek dia kalau tidak mungkn mendapatkan foto bersama ank perempuan ustadz diapun dg usaha yang sungguh sungguh mendapatkan juga yang dia inginkan.

Api unggun disiram dengan air bensin..pastilah bertambah berkobar
Jika mau berusaha dan ditambahi semangat tentunya akan bertambah bekobaar semangat itu.
Karena itu dipondok madani para santri selalu di berikan motivasi oleh para ustadz/gurunya. Motivasi itu adalah memberikan kata-kata pepatah yang berisi tentang hal-hal yg dapat memberi semangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar