Rabu, 18 Agustus 2010

Hikmah dongeng tentang ayam

CIKIRIKUKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK.............
Ayam itu berkokok satu kali, tapi dengan nada yang panjang. Usai mengeluarkan suaranya diem tak bersua. Dulu ayam itu pekasa dan kelihatan segar, sesegar bunga mawar, berani se perti singa. Namun entah mengapa sekarang menjadi kurus, juga kelihatan lesu?.............

Ada dua tingkatan yang menjawab pertanyaanku itu....
1. anak-anak
*karna kangen emaknya kale.......(mang masih apal pa ma emaknya yg mana? hehehhe)
*karana laper kale.....(lha kalo laper kan makan, tuh gak dimakan jagung didepannya,,jwb ku)
*Karna ngantuk kale.......( kalo ngantuk kan tidur,, tuh tetep berdiri...)
2.Dewasa
*karna lagi kasmaran kale ya....? (kasmaran kan gembira)... ndak ditrima cntnya hehehhe kale
*karna sakit flu burung kale.....? (dah dikasih obat flu, tetep aja tuh)
*karna kena penyakit aid kale, kekekekk kan ayam jantan suka gati -ganti pasangan....
*karna rindu ma kekasihnya,,,,,,kale hehehhe

Semua jawabnya lucu-lucu, sebenarnya ayam itu karna menderita penyakit dihatinya. Ayam jantan itu kan suka berkelahi, saat dia kalah dendam itu terus dibawa sampai kapanpun. Dia gak mau memafkan kesalahan dari temannya, egoisnya dan sombongnya slalu bertengger di kepalanya. Hingga mengakibatkan hitam dihatinya, dan kurus tubuhnya, lesu raut wajahnya.

Renungan.....
Sngguh tidak menyenangkan membawa-bawa hal yang tidak ada manfaatnya. kemanapun kita pergi, apalagi jika kita membawa kebencian itu seumur hidup? alangkah tidak nyamannya.

Tuhan mengajarkan kita untuk selalu mengampuni kesalahan orang lain. kita saja selalu memohon ampun pada Tuhan. Bagaiman Tuhan bisa mengampuni bila kita menyimpan dendam di dalam hati?

Seperti sebuah rumah. Jika tiap hari kita selalu menimbun sampah, tidak pernah menyapu halamannya, tidak membersihkan lantainya, alhasil rumah akan sangat kotor. Banyak binatang bersarang disitu. Baunya pun tidak enak. Kita bisa sakit jika tinggal di dalamnya.

Sama seperti hati dan pikiran, yang akan membuat kita jatuh sakit bila tidak pernah di bersihkan. salah satu cara membersihkannya adalah dengan mengampuni kesalahan orang lain dan menghapusnya dari ingatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar