Rabu, 18 Agustus 2010

GHIBAH.....

Sore itu zakia berlari-lari mendatangi kakaknya, kemudian dengan suara pelan ia menceritakan sesuatu kepada kakaknya. Namun tanpa sepengetahuan mereka, didalam kamar ibunya mendengar percakapan mereka berdua. Lalu ibunya keluar dan mendekatinya, "zakia ibu mau tanya, apakah cerita yang engkau sampaikan kepada kakakmu tentang budi tadi benar? dan apa jg ada manfaatnya?." zakia kemudian menjawab pertanyaan ibunya" tidak tau bu, itu tadi katanya orang." "wahai anakku semua buat apa kalian menceritakan aib orang jika tak tau benarnya ataupun manfaatnya? sungguh perbuatan itu berdosa besar. jangankan membicarakan aib orang berprasangka buruk aja udahtermasuk dosa anakku, itulah yang disebut dengan Ghibah.

Al imam muslim meriwayatkan dalam kitab sahih nya dari sahabat Abu Hurairah R.A. Sesungguhnya Rasulullah S.A.W. bersabda: "Apakah kalian mengetahui Apakah itu ghibah? Para sahabat berkata. "Allah dan Rasul-Nyalah yang lebih tau." Kemudian beliau shallallahu'alahi wasallam bersabda:

"Engkau menyebutkan sesuatu yang ada pada saudaramu yang dia membencinya, jika engkau sebut
tadi benar-benar ada pada saudaramu sesungguhnya engkau telah berbuat ghibah, sedangkan jika
itu benar maka engkau telah membuat kedustaan atasnya"

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian dari kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang." (Q.S.AL-HUJURAT.12)

Lain kali jika kalian mendengar hal-hal yang tidak ada manfaatnya atau misalnya engkau melihat orang yang berlaku aneh di jalan , janganlah engkau mengatakan tentang keburukan orang itu. Mintalah kepada Allah agar engkau dihindarkan dari perbuatan jelek yang seperti orang lakukan itu. Dan ucapkan rasa syukur kepada Allah atas diberikan sifat-sifat baik atau kesempurnaan tubuhmu. Walaupun orang itu jelek mereka mempunyai keistimewaan masing-masing. Biar Allah saja yang menilai orang lain, kita tidak berhak untuk melakuan seperti itu."

Di riwayatkan, ada seorang wanita pendek datang kepada Nabi Muhammad SAW untuk menyampaikan maksudnya. Setelah wanita tersebut keluar, Aisyah berkata, "Alangkah pendeknya dia." Kemudian Nabi SAW bersabda, "takutlah akan ghibah, sebab ada tiga bencana (bagi pelaku ghibah), yaitu tidak akan dikabulkan doanya, tidak diterima kebaikannya, dan kejahatan dalam dirinya akan bertumpuk-tumpuk. "karenanya, jauh-jauh hari Rosulullah SAW melarang umatnya ber-ghibah-ria." jauhilah olehmu ghibah. Sesungguhnya ghibah itu lebih berbahaya daripada zina."(HR Ibnu Hibban, ibnu Abi ad-Dunia, dan ibnu Mardawaih)

Jika seorang berzina, kemudian ia bertaubat secara ikhlas, maka taubatnya diterima Allah SWT. Akan tetapi , pelaku ghibah tidak akan diampuni dosanya sebelum meminta maaf terlebih dahulu kepada orang yang dighibahinya. Menyebarkan gosip dan bergunjing termasuk perilaku tercela. Mencari cari-cari kesalahan orang lain, dan menjadikan orang lain sasaran tertawaan adalah perilaku yang harus dihindari. Allah SWT memperingatkan bahwa kebiasaan menggunjing sama dg orang yang memakan daging saudaranya yang telah mati.(Imam Al-Ghazali)

Moga catatan ini dapat jadi pengingat khususnya ana sendiri, umumnya buat sobat akhiratku semua,,Amin...



(YULIA SILKY YANG MASIH BELAJAR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar